4 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Tidak Terikat, Gen Millennial dan Z Wajib Tau!

Pada tahun 2020, diprediksi generasi millennial akan mendominasi populasi Indonesia. Generasi millennial atau disebut juga generasi Y dalah manusia yang lahir diatas tahun 1980-an hingga 1997. Selain itu, ada pula yang terbaru generasi Z. Definisi rentang umur generasi Z bermacam-macam menurut sejumlah. Ada yang menyebutkan bahwa awal mula generasi Z adalah yang lahir 1993, 1995, atau setelah 2000. Yang jelas, semua sepakat bahwa generasi Z adalah orang-orang yang lahir di generasi internet berkembang pesat.

Setiap generasi memiliki karakteristiknya masing-masing. Pandangan hidup generasi millennial dan generasi z berbeda jauh dari generasi orang tua mereka yaitu generasi baby boomers atau generasi x , termasuk dalam memilih pekerjaan.

Generasi orang tua kita dulu kebanyakan memandang kesuksesan adalah ketika dapat diterima kerja di perusahaan yang bagus dan mendapatkan gaji bulanan secara rutin. Pekerjaan seperti ini umumnya terikat dengan waktu. Setiap hari melakukan rutinitas bekerja 8 atau 9 jam bahkan lebih berada di kantor. Continue reading “4 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Tidak Terikat, Gen Millennial dan Z Wajib Tau!”

Advertisements

Review Teknik Lingkungan: Suka Duka?

Kalau saya menanyakan hasil nyata dari kerja seorang arsitek apa? Kebanyakan bisa menjawab dengan cepat yaitu merancang bangunan-bangunan.

Kalau saya menanyakan hasil nyata dari kerja seorang insinyur teknik sipil apa? Pasti sudah tau juga yaitu jembatan, jalan, bendungan, bangunan menjulang tinggi dan lain-lain.

Kalau saya menanyakan hasil nyata dari kerja insinyur teknik lingkungan apa? ((Tik tok tik tok)) ((mikir keras)) itu ngapain ya? *malah nanya balik*

Bahkan ke keluarga saya pun, saya masih belum bisa menjelaskannya dengan baik. Kenapa? Karena hasil kerja nyatanya untuk kemaslahatan orang banyak masih langka di lingkungan rumah saya, di tempat tinggal kakek nenek saya, di tempat tinggal om tante saya.

Saya ingin jawabnya insinyur teknik lingkungan mendesain bangunan instalasi pengolahan air bersih di PDAM, tapi air bersih di rumah saya dari air sumur yang dibangun tukang sumur ledeng. Continue reading “Review Teknik Lingkungan: Suka Duka?”

Pengalaman membuat kartu NPWP di Pekanbaru melalui pendaftaran online

Kartu NPWP atau nomor pokok wajib pajak diperlukan oleh seorang pegawai atau pemilik usaha sebagai persyaratan administrasi perpajakan. Singkatnya, berdasarkan peraturan setiap orang yang berpenghasilan/bekerja harus menyisihkan penghasilannya (bayar) pajak untuk negara. Dalam hal kerja, NPWP diperlukan oleh seorang pegawai agar gajinya bisa turun. Setiap bulan, sebagai warga negara yang baik, sepersekian gaji akan otomatis dipotong buat pajak. Jadi ya mau tidak mau, harus punya kartu NPWP.

Dari yang saya baca, NPWP ini juga menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum lainnya, seperti kartu kredit bank (tapi saya tidak akan pernah butuh ini juga), paspor, pesyaratan lainnya.

Tidak seperti zaman dulu. Proses pengurusan NPWP sekarang mudah sekali, cepat, dan tanpa perlu keluar rumah. Satu lagi, Gratis -tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun- (Kan mau setor duit kesana, pelayanannya mesti bagus dong)

Dimana situs daftar onlinenya?  
https://reg.pajak.go.id

Tahapannya bagaimana?

  1. Kalau belum punya akun, daftar untuk buat akun dulu. Ikuti semua prosedurnya. Isi semua form dengan benar. Petunjuk pengisian sudah cukup jelas.
  2. Masukkan alamat kantor pajak sesuai asal ktp. Kalau saya pilihnya lokasi KPP Pratama Pekanbaru Tampan.
  3. Beberapa KPP di daerah lain ada yang meminta surat keterangan sebagai pegawai dilampirkan. Namun, di KPP Pekanbaru untungnya tidak perlu.
  4. Terakhirnya klik permohonan.
  5. Tunggu maksimal satu hari, sampai ada balasan lewat email.
    Oke saya sudah nunggu satu hari tapi belum ada balasan juga. Akhirnya saya telepon ke KPP Pekanbaru sesuai yang tercantum di pendaftaran: (0761)40846;40836. Saya beritahu bahwa saya sudah daftar online kemarin. Alhamdulillah akhirnya langsung diproses saat menelepon itu juga. Email balasan langsung masuk dan sudah ada informasi nomor NPWP di email tersebut.
    TIPS: Kalau mau cepat diproses, coba langsung telepon ke kantor KPP.
  1. Saat ditelepon juga ditanyakan, mau memilih mau jemput kartunya langsung ke kantor atau dikirim. Saya memilih jemput langsung keesokan harinya karena lebih cepat. Soalnya dikarenakan sesuatu (lupa alasannya), saat itu dikabarkan kalau mau dikirim membutuhkan waktu 1 minggu.
  2. Kartu sudah jadi dan nomor NPWPnya sudah bisa digunakan.

Sekian tulisan singkat ini karena memang proses pengurusan NPWP saat ini memang mudah dan cepat. Selamat mencoba.

Apakah jurusan teknik lingkungan cocok untuk perempuan?

Di percarian salah satu post saya, ada muncul kalimat ‘Apakah teknik lingkungan cocok untuk wanita’?

Saya akan mencoba menjawab dari kaca mata saya.

Kalau kalian bertanya mengenai kuliah jurusan teknik lingkungan, saya katakan mau cowok ataupun cewek silahkan mengambil jurusan ini. Malah saya anjurkan juga kalian mempelajari teknik lingkungan walaupun tidak ingin bekerja di bidang ini.

Tapi, kalau kalian bertanya mengenai dunia kerja teknik lingkungan, saya katakan untuk kita yang perempuan berpikirlah ribuan kali sebelum memilihnya.

Mungkin buat para ukhti-ukhti, jawaban ini lebih relevan. Atau mungkin buat kalian yang belum jadi ukhti-ukhti tapi ingin jadi ukhti-ukhti nantinya, mungkin ini bisa menambah wawasan.

Continue reading “Apakah jurusan teknik lingkungan cocok untuk perempuan?”

Dilema jadi calon pegawai

Februari 2018. Banyak sekali kejadian yang terjadi begitu cepat pada bulan ini. Tempat baru. Lingkungan baru. Kerjaan baru. Titik balik kehidupan.

Awal Januari lalu saya bersyukur dapat diterima cpns di salah satu kementerian yang memiliki beban kerja tinggi. Ya benar, kementerian tersebut pilihan tersebut dan profesi tersebut adalah pilihan saya juga sejak dulunya. Jujur, senang saat itu, profesi yang saya ingin sejak kuliah semester 5 sudah hampir terwujud yaitu kerja di pemerintahan.

Saat semester 5 berkuliah, masih bingung banget mau kerja apa bagaimana dan dimana. Makin banyak mengenal lebih dalam mengenai jurusan perkuliahan yang diambil ini, makin ragu akan karir dan nasib kedepannya. Euforia sebagai mahasiswa baru telah habis dan saya siap tidak siap harus menghadapi realita yang rasanya semakin pahit.

Sedikit pengakuan, saya akhirnya tak ada bedanya dengan mahasiswa yang mengalami pikiran ‘salah jurusan’.

Continue reading “Dilema jadi calon pegawai”

Pengalaman membuat kartu kuning/AK-1 di Pekanbaru

Kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja merupakan dalah satu dokumen dalam lamaran kerja. Kartu kuning dibuat di kantor dinas tenaga dan transmigrasi setempat sesuai asal ktp.

Lokasi Disnakertrans Pekanbaru?

Jl. Samarinda/kapling I No.29, Tangkerang, Pekanbaru (Dekat lapas). Kantor buka jam 7.30-16.00.

Pengalaman saya, prosesnya cepat dan yang mau mengurusnya juga sedikit (saat itu). Jadi datang siang setelah jam makan siang atau setelah 13.00 ga masalah.

Persyaratan

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy ijazah
  3. Fotocopy sertifikat keterampilan
  4. Pas foto berwarna 3×4 (2 lembar) dan 2×3 (2 lembar)

Prosesnya bagaimana?

Saat masuk pertama kali, ada meja pertama yaitu meja registrasi. Didepan meja registrasi tersebut ada sekitar 3-4 kursi. Ga ada ambil nomor antrian. Jadi liat-liat orang saja orang yang bergantian di kursi tunggu tsb. Ada juga kursi tunggu lainnya (yang bukan di depan meja registrasi) dan banyak. Jadi gausah khawatir ga dapat tempat.

Pas di meja registrasi serahin semua berkas. Isi daftar hadir di buku tsb. Isi formulir. Kemudian tunggu deh nama kita dipanggil buat ambil kartu kuning. Nunggunya bentar kok sekitar 15 menit kurang malah.

Jadi estimasi total waktu yang diperlukan untuk mengurus kartu ini sekitar 30-60 menit. Itupun yang lama di bagian nunggu antrian di meja registrasinya.

Pengalaman membuat skck di polres kota pekanbaru

SKCK adalah kependekan dari surat keterangan catatan kriminal yang dikeluarkan oleh kepolisian setempat. Bagi job hunter, skck diperlukan untuk melamar pekerjaan. Walaupun kini sebagian perusahaan non konvensional, cemcem start up atau perusahaan baru nan modern kini udah jarang meminta skck, ga ada salahnya tau bagaimana cara membuat skck.

Mengapa membuat skck?

Mostly, untuk melamar pekerjaan. Dapat info juga dari sesama yang membuat skck, asli saya baru tau ternyata skck diperlukan untuk persyaratan nikah sama tentara. Orang tua calon besan juga harus punya skck. Nikah juga butuh skck ternyata :”.

Darimana dapat info akurat membuat skck?

Langsung saja baca di situs resmi https://skck.polri.go.id . Persyaratan untuk pembuatan skck di seluruh daerah di indonesia sama. 

Tiap daerah mungkin prosedurnya beda-beda tipis. Di situs tersebut, ada pendaftaran dan pengisian data skck secara online. Eh ternyata di pekanbaru daftarnya ga pake situs itu. Polres pekanbaru punya link sendiri untuk pengisian datanya.

 Untuk detailnya akan dibahas di paragraf lain.

Dimana bisa membuat skck di pekanbaru?

Dari info di situs resmi, skck bisa dibuat di polsek, polres, polda, dan mabes polri. Level instansi yang mengeluarkannya bisa beda-beda tergantung keperluan. Untuk cpns sendiri, skck dikeluarkan minimal oleh polres kota.

Buat SKCK langsug di loket pelayanan di polresta pekanbaru. Sepengalaman saya, emang rame banget di polresta. Gatau gimana kalau yang buat di polsek. Teman yang rumahnya beda kecamatan ngurusnya di polres. Banyak juga yg rumahnya jauh ngurusnya di polres. Jadi dugaan saya, biar ga bolak balik kalo mau buat skck langsung ke polres pekanbaru saja, karena di polsek belum tentu bisa.

Alamat polresta pekanbaru: Jl. Jend. Ahmad Yani No.11, Senapelan (dekat pasar kodim)

Biaya pembuatan skck?

Rp 30.000, bayarnya di loket.

Data pendukung untuk membuat skck?

  1. Fotocopy ktp atau surat keterangan e-ktp
  2. Fotocopy kk
  3. Pas foto 4×6, 6 lembar, latar belakang merah

Udah ga perlu lagi minta surat pengantar dari rt, rw, kelurahan dll.

Proses membuat skck di polresta pekanbaru?

Saya jabarin nih prosesnya secara detail beserta tips-tipsnya. Dari luar kelihatan di sebelah kiri gedungnya ada loket pelayanan skck. Kalau bingung bisa tanya petugas.

Datang pagi-pagi, jam 8 udah buka. Saya saja yang datang jam 9 udah ramai. Jam 10/11 kurang formulir udah habis dan diurus di hari selanjutnya. 

Disana ga ada ambil nomor antrian. Jadi pas baru datang agak bingung juga lihat orang berkerumun di salah satu loket. Walaupun udah baca-baca juga prosesnya di internet, tapi tetap perlu juga nanya orang. Papan informasi yang disana juga kurang update. Jadi mending langsung nanya orang aja.
*Tips buat cewe: datang ditemenin saudara laki-laki. Banyak banget cowo yang berkerumun depan loket. Cewenya bisa dihitung jari. Ga enak cuy ngantri ditengah kerumunan cowo. Jadi mending minta bantuan saudara cowo deh buat ngantri.

**Kenapa orang banyak berkerumun? Kenapa ada ngantrinya berdiri? Soalnya di loket rekam sidik jari, petugas manggilin nama kita. Ga ada pengeras suara. Kalau duduk ga kedengaran :”. 
Secara garis besar prosesnya : 

  1. Ke loket rekam sidik jadi (bisa dilihat loket ini yang paling rame). Supaya dapat formulir, serahkan pas foto 4×6 2 lembar dan fotocopy ktp. Letakin aja di meja loketnya itu soalnya petugasnya sibuk cuma satu. Untuk letakinnya aja susah karena banyak orang berkerumun. Oleh karena itu, minta tolong aja ke orang untuk letakin di meja. 
  2. Formulirmya ga langsung dapat. Nunggu lagi sampai dipanggil petugas. Lalu petugasnya ngasih 2 formulir.
  3. Isi formulir selengkap-lengkapnya. Petunjuk pengisian ada ditempel di dinding sebelah kaca loketnya dan dinding di luar loket yang banyak mejanya. Harus baca petunjuk pengisiannya!! Jangan sampai nanti pas udah diserahin, dikembalikan lg berkasnya karena salah/ga lengkap.
  4. Kalo udah yakin terisi semua dan sesuai, serahkan formulirnya ke loket lagi.
  5. Nunggu lagi lumayan lama sampai berkas kita dicek. Kalau berkas kita udah benar, berkas langsung diserahin ke meja selanjutnya. Kalau kurang lengkap akan dipanggil lagi dan disuruh perbaiki. Trus masukin lagi dan nunggu lagi dicek petugas. (Kan berabe kelamaan nunggu sambil tegak) 
  6. Nunggu lagi untuk dipanggil rekam sidik jari. Posisi berdiri ngantrinya agak bergeser ke kanan loket, depan pintu. Nunggunya lumayan lama.
  7. Sambil nunggu, isi data http://www.satintelkampku.com . Isi kolomnya lengkap. Selain kolom yang tidak ditandai tanda bintang, ga masalah ga diisi. Kolom kode sidik jari ga masalah kalau kosong.
  8. Rekam sidik jari. Nanti dikasih selembar kertas.
  9. Lanjut ke loket satu lagi yang ada pengeras suaranya. Di kaca loketnya ada petunjuk prosedur selanjutnya. Serahkan foto 4×6 4 lembar, lembar rekam sidik jari, fotocopy kk, dan uang 30rb.
  10. Nunggu lagi sampai skcknya jadi. Ini nunggu yang terakhir. Bisa duduk karena ada pengeras suaranya haha.
  11. Skck sudah jadi dan bisa diambil deh. Dikasih juga kertas feedback tentang pelayanan skck tsb.
  12. Kalau mau legalisir, mulai jam 2 siang.

Lama pembuatan skck dari awal hingga akhir?

Kira-kira 2 jam lah sediakan waktu buat newbie yang baru pertama kali urus skck. Kalau udah tau prosesnya bisa lebih cepat dan gesit, mungkin 2 jam kurang udah selesai.