Beasiswa Kuliah dari Dinas Pendidikan Pemprov Riau

Salah satu hal yang saya syukuri dari berkuliah di Bandung adalah saya alhamdulillah bisa berkuliah gratis selama 4 tahun. Tanpa buat surat keterangan tidak mampu (sktm) atau pun mesti nyari-nyari info beasiswa sana sini. Lagian juga ngapain bohong buat-buat sktm kalau masih mampu demi bisa daftar-daftar beasiswa.

Sedikit cerita, awalnya saya mendapat informasi adanya beasiswa kuliah untuk beberapa universitas tertentu dalam dan luar negeri  ketika kelas 3 SMA tahun 2013 yang disampaikan oleh guru BK. Saya tidak mengira beasiswa ini beneran ada soalnya abang saya pun tidak tau. Berbekal niat ‘yang penting usaha’, saya pun mengumpulkan semua berkas-berkas ke guru BK. Selanjutnya pun tidak ada informasi apapun lagi. Setelah pengumuman kelulusan masuk universitas, saya pun mendapat informasi dari teman-teman untuk datang ke kantor Dinas Pendidikan di belakang kantor gubernur untuk membawa bukti penerimaan sebagai mahasiswa dari universitas. Sebenarnya universitas tujuan yang saya masukan untuk mendapat beasiswa saat kelas 3 tersebut berbeda dengan universitas yang menerima saya, sehingga saya membuat kembali dokumen-dokumennya dan mengumpulkannya lagi.

Saat pendaftaran ulang mahasiswa di universitas, saya sengaja mengajukan penangguhan dengan alasan menunggu beasiswa. Selain itu di kampus saya saat itu juga sangat mudah mengurus penangguhannya, uang kuliah tidak dibayar langsung tidak masalah karena ada jaminan dari kampus tidak akan mengeluarkan mahasiswanya karena masalah uang kuliah hahaha. Setelah 3 bulan berkuliah, alhamdulillah informasi beasiswa akhirnya keluar. Saya dan teman-teman mendapat beasiswa uang kuliah selama 4 tahun dengan syarat-syarat tertentu yang tidak memberatkan. Dan alhamdulillah lagi saya kini telah lulus kuliah S1 dengan baik.

Sebenarnya beasiswa ini ada dan sepertinya disediakan oleh dinas pendidikan masing-masing daerah. Contonya juga di Jawa Barat juga ada untuk mahasiswa-mahasiswa yang asal Jabar, dan teman saya pun juga ada yang dapat.

Nah buat teman-teman asal Riau yang mau, mahasiswa baru, ataupun sudah kuliah, bisa rajin-rajin cek informasinya di web disdik:

https://disdik.riau.go.id/halkategori-63-pengumuman-1.html

https://disdik.riau.go.id/halkategori-63-pengumuman-1.html

https://disdik.riau.go.id/halkategori-63-pengumuman-1.html

Informasi persyaratannya dan tata cara pengajuannya lengkap disana. Menurut saya juga semakin lama informasi akan beasiswa ini juga semakin mudah ditemukan. Kalau bingung bisa langsung tanyakan ke kantor dinasnya dan langsung tanyanya ke bapak-bapak yang khusus mengurus beasiswa ini. Keterima atau tidaknya tergantung keuletan mencari info dan insyallah syarat-syaratnya tidak suliy.

Beasiswa ini namanya beasiswa prestasi sarjana S1 jadi tidak perlu tuh buat sktm. Untuk mahasiswa baru tamatan SMA 2017, sayangnya universitas kerja sama sepertinya berkurang (tidak sebanyak waktu saya mendaftar tahun 2013 lalu). Tapi mungkin bisa ditanyakan langsung saja ke kantor informasi nya lagi. Kalau yang saya baca di web bawah ini:

https://disdik.riau.go.id/data_pidato/82BEASISWA%20MHS%20BARU%20TAHUN%202017%20JALUR%20SNMPTN-SBMPTN.pdf

Daftar perguruan tingginya yaitu mahasiswa baru yang diterima melalui jalur masuk snmptn dan sbmptn di institute teknologi bandung (itb), universitas brawijaya (UB) malang, institute teknologi sepuluh nopember (ITS) Surabaya, dan universitas Indonesia (UI) Jakarta. So, jadi buat kalian yang mau kuliah di Jawa jangan khawatir soal biaya kuliah. Untuk UGM juga ada, nama kerjasamanya PBUK. Sila dicek lagi di website disdik tersebut.

Sekian info-infonya semoga bermanfaat. Semangat kuliahnya!.

#anakriau #banggalahirdanbesardiriau

Leave a Reply

