Review: Aplikasi belajar bahasa inggis, ‘Hello English’

Review 1.png

Hi, What’s up?

Few days ago, i installed some applications about english practice to improve my english ability. One of them is hello english. It is free and you can download it at play store anytime. Actually, i already have some, the most of them is TOEFL. I think they are boring and their interface is plain. Hello english is better compare to duolingo, this application is offline so you can practice anywhere.

I speak a little english. So, i will review it in bahasa.

Nah aplikasi hello english ini keren banget. Cocok buat pemula, apalagi anak sekolah. Tampilannya bagus dan menarik. Ada semacam poin targetnya yang bikin kita kepacu. Di halaman depannya ada semacam pengingat dan tiap hari latihan soalnya ganti-ganti. Selain itu, biasanya akan ada pemberian informasi atau tips-tips atau bahasa-bahasa yang biasanya digunakan, misalnya berbagai ucapan ulang tahun. Bisa diklik di sudut kanan gambar percakapan.

Screenshot_2017-03-03-00-07-02-678.jpeg
Tampilan depan hello english

Selanjutnya di kolom pelajaran, terbagi ke dalam 19 phase dengan total keselurahannya ada 450 pelajaran wow. Mulai dari pelajaran cetek banget sampai agak rumit. Kalau saya sengaja mulainya dari phase 1 walaupun ini kayak pelajaran anak sd banget. Awalnya agak bosenin ngulang yang gampang, tapi saya jadi tau ternyata ada beberapa hal kecil yang saya sering salah, misal penggunaan has have, ternyata negatifnya jadi don’t have aja buat keduanya, terus penggunakan kata ‘a’, ternyata ini harus ada dalam kalimat buat nunjukin sebuah benda (termasuk manusia dan hewan). Latihan buat 1 pelajaran dibagi menjadi 3 metode, biasanya ada latihan isian, kedua ada nyusun kata, ketiga latihan speaking sama lawan virtual, bisa keliatan kalau spelling kita ada salah nanti warna ditulisannya merah.

Keunggulan utamanya yang jarang saya temukan dibanding aplikasi lain yaitu ada informasi penjelasan materinya yang sangat-sangat jelas, bisa berupa artinya atau kesalahan-kesalahan umum pada penggunakan kalimat tersebut.

Screenshot_2017-03-03-00-07-10-370.jpeg
Kolom pelajaran

Ini juga yang salah satunya saya senangi ada bisa milih buat khusus latihan melalui ngomong atau ada gamesnya atau dengan baca artikel-artikel yang sangat informatif atau baca berita.

screenshot_2017-03-03-00-07-49-685
Pilihan latihan lainnya

Kemudian setiap jumlah kosa kata yang udah kita pelajari akan tersimpan di kamus kosakata saya, jadi kita bisa tau deh udah berapa kosa kata yang kita tau. Ada juga kamus umum kosakata dari a sampai z.

screenshot_2017-03-03-00-08-36-438
Kamus umum dan kamus kosa kata yang udah dipelajari

Kekurangan dari aplikasi ini yaitu suara penuturnya yang kayak google translate banget, jadi ya kurang asik aja saat latihan conversation karena jadi terkesan kaku.

Sejauh ini, hello english masih jadi aplikasi yang paling top buat latihan bahasa inggris yang santai di hp saya. Saya udah download duolingo juga, tapi menurut saya masih kurang lengkap. Ada beberapa kalimat yang ga konsisten yang artinya kadang ganti-ganti, terutama pas latihan nyusun arti kalimat. Aneh aja. Tapi kalau conversationnya bagus kayak bule beneran ngomong.

Oke sekian review dari saya. Selamat belajar bahasa inggis!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s