Panggung Pilgub Jakarta

Saya hanya ingin menyampaikan opini. Tidak didukung data maupun fakta aktual. Hanya mengandalkan indera mata dan telinga yang mungkin peluang kesalahannya besar.

Kemarin malam, tontonan debat pilgub jakarta menjadi trending topic. Banyak artikel dan berita yang berseliweran. Banyak juga artikel yang gagal fokus. Walaupun saya tidak punya hak untuk memilih gubernur (yaiyalah bukan orang jkt), panggung debat merupakan hal menarik bagi saya untuk melihat berbagai gaya kepemimpinan.

Saya tidak pernah percaya dengan janji-janji yang disampaikan para calon. Saya paling kesal sama orang yang paling banyak janjinya. Apalagi ngomong tanpa berdasarkan data. Rakyat kini semakin cerdas, yang perkataan indah-indah belum tentu dilihat. Isinya belum tentu juga dilihat. Yah milihnya mana yang disuka saja.

“Pemimpin bukanlah orang tau dengan detail suatu hal, tapi pemipin wajib mengetahui banyak hal. Pemimpin adalah orang yang sudah selesai dengan dirinya sendiri”-kutipan dari mana-mana

Saya tidak yakin di jkt banyak orang miskin, tapi tidak yakin pula banyak orang kayanya. Memang sulit di zaman sekarang mencari berita yang berimbang, berbobot, dan benar. Namun disayangkan informasi yang berbobot sering kalah sama informasi yang ada bumbu gosipnya. Tontonan infotainment lebih menarik dibanding ekonomi, agama, politik, pendidikan.

Ah jadi kemana-mana kan ngelantur.

Yah intinya sih sama suka kecewa sama namanya orang yang berwenang. Saya akui memang sulit memegang tanggungjawab. Ucapan hari ini bisa jadi beda sama besok, bulan depan, atau tahun depan. Semoga punya alasan yang baik atas segala keputusan yang diambil. Yang saya bocah ini memang tidak tau apa-apa tentang politik jadi selagi saya masih bisa hidup nyaman dan aman di kota yang ditinggali, yang lain tidak menjadi masalah. Bapak-bapak/ibu-ibu yang punya ilmu dan pengalaman tentu lebih paham soal pemerintahan. Cuma satu harapan saya (dan mungkin banyak orang lainnya), kurang-kurangi janji atau ucapan yang belum yakin bisa dipenuhi. Bahaya.

Intinya selamat memilih buat penduduk jakarta. Jadilah pemilih yang bijak dan jangan gampang distir. Dan rajin berdoa semoga pemimpin yang terpilih amanah hingga akhir periode kerjanya.

Leave a Reply

